Diet dengan Pola Hidup yang Sehat

Selasa, 04 Januari 2011

Sekarang ini banyak orang-orang yang ingin menjalankan program diet. Namun, kerap banyak sekali yang gagal karena dengan alasan yang umum, seperti "tidak kuat untuk diet, rasanya mau pingsan" atau pun "selalu tergoda dengan makanan-makanan yang enak". Yang kita harus ketahui adalah, jangan menjadikan diet sebagai suatu beban berat yang harus ditanggung. Jadikanlah diet sebagai pola hidup yang sehat sebagai gaya hidup Anda. Dengan arti lain, kita menjalankan diet dengan mengganti makanan-makanan yang tidak bergizi dengan makanan-makanan yang penuh serat.

Dalam gaya hidup yang sehat, sarapan itu sangat penting! Sarapan dapat mengurangi rasa lapar kita di siang maupun malam hari. Selain itu, sarapan juga merupakan sumber energi untuk menjalani aktivitas kita. Banyak yang sering melewati waktu sarapan dengan alasan tidak merasa lapar saat bangun tidur maupun tidak mempunyai waktu yang cukup untuk sarapan.


Pilihlah berbagai macam sayur-sayuran yang berwarna-warni! Sayuran mengandung banyak serat yang bermanfaat bagi tubuh kita. Untuk setiap warna sayuran yang berbeda, nutrisi yang dikandung pun berbeda-beda dan tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh. Variasi sayuran yang dapat dimasukkan ke dalam pola hidup yang sehat adalah wortel, ubi jalar, paprika serta hijau-hijauan seperti kubis dan sawi.

Kita boleh mengkonsumsi jenis lemak tertentu. Sebenarnya, ada beberapa jenis lemak yang bermanfaat juga baagi tubuh kita, seperti minyak zaitun dan alpukat yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Ikan juga begitu. Ikan berperan dalam memberikan banyak vitamin dan mineral untuk tubuh kita.

Apakah Anda menyukai makanan yang manis-manis? Sebaiknya hindari itu semua! Mengkonsumsi makanan yang manis hanya dapat menimbulkan kerugian bagi tubuh. Batasi diri kita dari mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Dalam pola hidup yang sehat, makanlah sesering mungkin. Bukan berarti kita dituntut untuk makan banyak-banyak. Makanlah minimal 3x sehari. Jika bisa, cobalah untuk makan lebih sering, yaitu 5x sehari dengan porsi yang lebih kecil. Metabolisme kita akan menjadi lebih cepat bekerja.

Apakah terkadang ingin mengkonsumsi makanan ringan pada saat kita sedang berktivitas di luar rumah (misalnya bekerja)? Tidak masalah jika makanan ringan yang kita konsumsi itu berprotein tinggi dan kadar gulanya rendah. Anda dapat memilih non-fat yogurt dan keju lembut untuk dimasukkan ke dalam pola hidup yang sehat. Non-fat yogurt dan keju lembut merupakan pilihan yang tepat untuk mengurangi rasa lapar dan memberikan kepuasan.




materi referensi : www.dennysantoso.com

0 komentar:

Posting Komentar