Gain weight ??

Rabu, 05 Januari 2011

Walaupun ini tentang diet yang berarti menguruskan dan menurunkan berat badan, namun ada juga yang ingin gain weight. Kebetulan ada juga sista yang menanyakan solusi untuk mereka yang bermasalah dalam gain weight. Terkadang menjadi “terlalu kurus” memang bisa sangat menyulitkan seperti halnya masalah menjadi “terlalu gemuk”. Mari kita simak penjelasan di bawah ini ;)

Ingin menambah berat badan berarti kita harus meningkatkan massa otot, bukan lemak tubuh. Banyak yang sering salah arti dengan menaikkan berat badan berarti menaikkan jumlah lemak. Selain cara itu adalah cara yang salah, cara itu juga sangat tidak sehat karena lemak bertambah artinya kita mengkonsumsi energi lebih banyak dari yang kita butuhkan untuk aktivitas kita.

Setelah mencoba selama berbulan-bulan, makan sebanyak mungkin, latihan fitness yang ‘katanya’ sudah berat tetapi masih belum membuahkan hasil sama sekali, kita sudah mulai putus asa dan mengatakan kalau tubuh kurus kita adalah genetik atau sudah nasib. Kalau dalam 2-3 minggu belum ada hasil, PASTI ada yang salah.

Mari kita perhatikan tips di bawah ini
1. Makanlah 5-6x sehari dalam prosi yang sedang dan mengurangi junk food. Sudahkah Anda mengurangi junk food? Junk food sangat tidak bermanfaat bagi tubuh, karena selain menambah lemak tidak sehat juga akan memperlambat metabolisme tubuh sehingga tubuh tidak bisa bekerja dengan sehat. Makan 5-6x sehari bertujuan untuk meningkatkan asupan kalori sehingga massa otot Anda lebih mudah berkembang.

2. Setelah kita selesai latihan, segeralah konsumsi karbohidrat dan protein. Hal ini guna untuk menggantikan glycogen dan gula darah dalam otot yang sudah habis kita gunakan sewaktu latihan. Protein juga berguna untuk memperbaiki otot yang "rusak" akibat latihan berat.

3. Setelah selesai latihan kita harus makan untuk mendapatkan energi kembali, maksimal 1 jam setelah latihan.

4. Minum multivitamin (ini keharusan buat yang mau nambah berat badan, karena vitamin B terutama, sangat membantu untuk mencerna nutrisi yang kita makan. Akan percuma makan banyak makanan tapi tubuh kita tidak bisa mencernanya dengan baik).

5. Berapa lamakah Anda latihan? Apakah lebih dari 1 jam? Latihan lebih dari 1 jam akan memboroskan kalori Anda. Anda tetap membutuhkan kalori untuk membangun otot-otot Anda. Jadi, latihan beban yang benar adalah tidak melebihi 1 jam dan kurangi cardio Anda.

6. Tidak melatih otot yang sama lebih dari dua kali dalam seminggu.

7. Sudah mengikuti 9-12 set per otot per sesi. Jangan melatih otot chest dengan seluruh alat di gym dengan asumsi semakin lengkap semakin baik. Gunakan hanya 3-4 alat masing-masing sekitar 3-4 set dan gunakan basic compound movement saja. No Isolation Movement

8. 6-8 reps adalah suatu keharusan, tidak boleh sampai 12 reps. 6-8 reps itu sudah failure

9. Gunakan negatif reps. Setelah failure, dibantu oleh teman/spotter untuk angkat, dan kita tahan untuk turunnya. Variasikan negatif reps ini selama 2-3 minggu sekali

10. Sudah menggunakan High Intensity Training untuk latihan beban. Yang artinya, istirahat pendek antar set, sekitar 1.5 – 2 menit. Dan angkat beban seberat mungkin. Contoh: buat yang tinggi sekitar 160-165, jgn bilang bench press 10kg kiri kanan sudah berat. Seperti itu tidak akan bisa menaikkan masa otot Anda. Kejar target minimal 25-30kg kiri kanan. Kalau blm mampu, naikkan perlahan2 tiap minggu sampai Anda mampu, kalau perlu, minta bantuan teman


Note : untuk mempelajari cara-cara latihan meningkatkan massa otot pada tubuh, visit this => Workout Guide


Materi referensi: www.dennysantoso.com

0 komentar:

Posting Komentar