My Own Diet Method

Sabtu, 08 Januari 2011

Selama ini saya sudah banyak mendapat pengetahuan tentang diet yang tepat dari website Denny Santoso (Founder & CEO of SixReps.com, Ultimate Nutrition Indonesia & UltimateGEAR. Fitness & DIET Expert. Fat Loss Specialist). Tidak semuanya saya lakukan secara perfect, terutama masalah makan. Karena masalah makan tetap ibunda saya yang atur dan saya harus mengikutinya bagaimana pun juga. Berkut ini adalah tips yang saya laksanakan berdasarkan apa yang sudah saya baca di website ko Denny.

1. Wajib makan 3x sehari.
Sebenarnya sih dianjurkan makan 5-6x sehari dengan porsi yang sedang (3x makan berat, 3x snack sehat). Tapi apa daya, tidak ada waktu yang cukup. Pulang sekolah sudah jam 3 sore, belum lagi saya harus mengerjakan tugas-tugas dan belajar. Walaupun begitu, makan 3x sehari itu saya tulis WAJIB dalam to-do list saya. Saya yakin banyak juga yang seperti saya, apa lagi yang sedang kuliah.
a) sarapan.
Never SKIP this! Sarapan itu adalah sebuah keharusan terutama karena kita akan melakukan aktivitas-aktivitas seharian. Butuh energi bukan? Mengenai sarapan, saya biasanya makan nasi dengan porsi sedang, sepotong ayam tanpa kulit dan sayur. Namun terkadang kalo lagi gak sempet yah harus sempet-sempetin makan oatmeal.
b) makan siang.
Makan siang juga dalam porsi sedang (terkadang yah lebih banyak kalo lagi lapar sekali). Makannya tetap harus nasi, daging dan sayur. Daging dan sayur boleh diganti-ganti, tapi kalo dging saya lebih sering gonta-ganti antara daging ayam dan ikan. Ayam saya paling pantang dengan kulitnya, biar bagaimana pun, kulit ayam mengandung banyak minyak dan tidak sehat. Ikan banyak mengandung mineral yang baik untuk tubuh.
c) makan malam.
Waktu makan malam porsi nasi saya kurangi sedikit dan daging saya perbanyak. Pada saat tidur kita memerlukan protein yang banyak untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

2. Tidak makan makanan yang mengandung kadar gula tinggi.
Dulu muka saya itu bulat, berisi banget pokoknya. Namun sekarang tidak lagi, sudah agak lonjong. Hal ini saya rasakan ketika saya tidak lagi makan gula-gula. Dulu setiap selesai makan, saya pasti lagsung makan yang manis-manis dan gula-gula adalah suatu kewajiban. Tetapi entah kenapa saya mulai bosan dan "nek" dengan yang manis-manis. Semenjak itulah terdapat perubahan awal pada muka bulat saya. Percaya atau tidak, tidak mengkonsumsi makanan yang manis-manis akan mengurangi kemungkinan-kemungkinan bertambah gemuk.

3. Suka crunching sebelum dan sesudah tidur.
Sebenarnya yang ini tidak berdasarkan artikel-artikel ko Denny. Tapi karena crunching ini enak dilakukan, saya menjadi terbiasa melakukannya sebelum dan sesudah tidur. Mengenai efeknya? Yang jelas perut saya tidak mudah membesar. Pernah sekali waktu itu 1 minggu tidak saya lakukan. Rasanya benar-benar beda dan perut saya mudah memelar! Ini sih yang saya alamin.

4. Suka ngemil buah dan sayur kukus.
Ini saya ikut jejak teman saya. Dia pasti ada membawa bekal yang isinya buah dan sayur kukus. Buahnya kebanyakan apel hijau ataupun apel merah. Sayur kukus dia sering bawa wortel dan kentang. Entah kenapa saya jadi ngiler pada saat liat dia bawa bekal itu. Saya menceritakannya pada ibunda dan meminta untuk disiapin seperti itu juga. Saya ada bawa apel, kentang, wortel, kacang hijau mentah, sayur kol dan terkadang ada dicampur dengan tomat buah. Enak juga bawa bekal seperti itu dari pada ngemil yang tidak-tidak di sekolah.

5. Minum air putih banyak-banyak
Jujur, saya paling malas minum air putih dan hanya minum pada saat haus. Padahal wajib minum 2 liter sehari. Aduh banyak sekali 2 liter. Saya sekarang mulai rajin minum air putih, tapi tidak sanggup 2 liter. Mau tau saya termotivasi oleh apa? Kemarin ketemu teman ibunda di tempat senam. Mukanya liciiiin sekali. Tidak ada jerawat sama sekali, padahal dulunya banyak, besar-besar lagi. Dia bilang pake perawatan ini gak cocok, pake itu gak cocok, dia kesal dan mulai minum air putih banyak-banyak. Sebelumnya dia juga malas minum air putih. Setelah itu wajahnya putih dan bersih! Tidak ada jerawat satu pun. Saya juga mau seperti itu tentunya. Kemudian dalam diet, metabolisme akan terhambat jika kita tidak minum air putih banyak-banyak. Kalo metabolisme terhambat, bagaimana lemak mau dibakar?

6. Olahraga.
Olahraga tidak banyak yang bisa saya lakukan. Biasanya saya hanya jogging selama 30-45 menit sesudah bangun pagi. Kata ibunda, setelah bangun tidur minum segelas air putih khasiatnya bagus. Yang saya rasakan adalah kesegaran. Jadi dalam jogging jadi lebih bersemangat!

Saya lakukan itu semua dalam waktu 1 bulan, dan hasilnya ? Taraaaa ~ turun 5kg! 5kg menurut saya udah lumayan, karena saya tidak secara perfect melakukan diet yang dianjurkan oleh ko Denny. Kemudian tubuh pun belum terbentuk karena saya tidak melakukan body-shaping. Tidak ada waktu yang cukup untuk saya. Dan saya juga tidak mengkonsumsi suplemen yang tepat untuk membantu dalam proses diet, dilarang sama ibunda >.<

Di sini saya ingin mengucapkan terimakasih kepada ko Denny dan merasa sangat beruntung karena menemukan websitenya. Sehingga saya menjadi banyak ilmu dalam diet yang sehat dan menjadi lebih mudah memberikan saran bagi teman-teman yang ingin kurus. Thx a lot!

0 komentar:

Posting Komentar